Sarung Tangan Safety



Sarung tangan adalah salah satunya peralatan keselamatan kerja. Benda ini dipakai membuat perlindungan tangan dari beberapa jenis bahaya yang bisa melukai pekerja. sepatu safety harus selalu di gunakan ketika sedang bekerja.

Penentuan sarung tangan yang pas sangat penting untuk pekerjaan. Ada banyak hal yang penting diperhitungkan, diantaranya kecocokan, peranan, serta tingkat perlindungan yang diperlukan.

Kurang lebih bagaimanakah cara pilih sarung pas untuk pekerjaan kamu? Artikel ini akan menolong kamu untuk pilih tipe sarung tangan yang kamu perlukan. Di bawah ini beberapa jenis sarung tangan :

1. Sarung tangan kain (Fabric or Cotton Gloves)
Adalah tipe sarung tangan yang mempunyai susunan tipis serta sangat mungkin udara masuk ke sarung tangan. Hingga penggunanya dapat rasakan suhu dari alat atau benda kerja yang disentuh. Tipe sarung tangan ini cukup menolong untuk menghindarkan guratan atau lecet, dan menolong tangan penggunanya masih bersih.

Tetapi tidak direferensikan untuk perlindungan pada tusukan, bahan bergerigi, api , serta panas. Terkadang tipe sarung tangan ini dipakai jadi susunan fundamen dibawah sarung tangan yang semakin besar.

2. Sarung tangan kain dengan susunan (Coated Fabric Gloves)
Tipe sarung tangan ini adalah penambahan dari sarung tangan kain standard. Sarung tangan ini tawarkan tingkat perlindungan yang tambah tinggi. Baik itu perlindungan pada tusukan, guratan, alkanilitas satu bahan, serta bahan kimia.

Ada beberapa jenis susunan yang dipakai untuk melapisi sarung tangan ini, diantaranya :

Nitril
PVC
Latex (getah)
Polyurethane

Kamu dapat pilih sesuai keperluan pekerjaan kamu. Tetapi beberapa susunan itu membuat sarung tangan tidak fleksibel saat suhu dingin.

Walau sarung tangan ini tahan pada bahan kimia, bukan bermakna dapat dipakai jadi alternatif sarung tangan spesial bahan kimia.

3. Sarung tangan karet, plastik atau sintetis (Rubber, Plastic, or Synthetic Gloves)
Tipe sarung tangan ini biasanya dipakai di laboratorium atau bagian kesehatan. Sarung tangan ini memberi perlindungan pada bio-hazard, minyak, grease, serta bahan kimia yang lain.

Umumnya telah mempunyai ukuran cocok, hingga mempermudah pemakainya lakukan pekerjaan yang memerlukan kecermatan. Tetapi sarung tangan ini tidak memberi perlindungan pada tusukan, permukaan tajam atau abrasif.

4. Sarung tangan kulit (Leather Gloves)
Sarung tangan kulit mempunyai beberapa jenis faedah. Sarung tangan dengan bahan kulit memberi cengkraman yang kuat dan perlindungan pada percikan api serta benda tajam atau abrasif.

Sarung tangan ini dapat juga membuat perlindungan dari paparan panas tingkat sedang, seperti saat gesekan dengan tali serta panas pada pengelasan.

Sarung tangan kulit mempunyai ketahanan tinggi, tetapi sarung tangan ini diketahui bisa mengeras atau layu bila kebanyakan terserang panas. Biasanya sarung tangan ini dipakai pada proses pengelasan.

5. Sarung tangan aluminized (aluminized gloves)
Adalah tipe sarung tangan tahan panas tinggi. Pas untuk pekerjaan pengelasan, pekerjaan tungku, pengecoran, atau di laboratorium dengan oven panas tinggi. Dibuat dengan bahan yang benar-benar reflektif hingga bisa memberi perlindungan panas sampai suhu 2000° F.

6. Sarung tangan kevlar (kevlar gloves)
Sarung tangan yang mempunyai peranan besar di dunia industri. Bahan kevlar membuat sarung tangan mudah, bertahan lama, serta memberi perlindungan yang mengagumkan pada cedera serta lecet. Bahan kevlar dipakai jadi kombinasi untuk bikin beberapa tipe sarung tangan.



7. Sarung tangan tahan tusuk (Puncture Resistant Gloves)
Sarung tangan tipe ini dibuat spesial membuat perlindungan tangan dari tancapkan. Sarung tangan ini ditenun dengan bahan kevlar hingga seperti sisik ikan.

Bentuk sisiknya telah diskalakan sampai membuat serpihan. Serpihan ini berperan untuk membelokan tusukan dari jarum, pecahan, serta tusukan dari benda tajam yang lain.

8. Sarung tangan tahan bentrokan serta getaran (Impact-Resistant and Vibration-Resistant Gloves)
Beberapa orang yang dipengaruhi dengan getaran atau bentrokan pada tangan. Nyatanya tangan gemetar atau hand-arm vibration syndrome (HAVS) jadi permasalahan buat pekerja profesional.

Untuk menangani hal itu, dibuatlah sarung tangan ini. Sarung tangan ini bisa menyerap daya bentrokan serta kurangi getaran ke tangan. Hingga pas dipakai untuk pekerjaan yang memberi getaran yang berkali-kali.

9. Sarung tangan tahan cairan kimia atau bahan kimia
Untuk tentukan tipe sarung tangan tahan bahan kimia bukan hal yang gampang. Seringkali pekerja meremehkan permasalahan kebersihan. Hingga seringkali berlangsung bahan kimia tentang kulit serta membuat penyakit berkelanjutan serta kematian.

Maka penentuan sarung tangan yang pas sangat penting untuk keselamatan kerja. Di bawah ini beberapa jenis sarung tangan tahan bahan kimia, diantaranya :

A. Sarung tangan karet butyl (Butyl Rubber Gloves)
Sarung tangan karet butyl dipakai membuat perlindungan tangan dari zat khusus untuk periode panjang. Sarung tangan ini tahan pada air serta uap. Dipakai membuat perlindungan dari beberapa bahan seperti :

Peroksida
Asalm Sendawa
Asam Hidroklorik
Asam belerang
Alkali
Alcohol

B. Sarung tangan getah alami / karet
Sarung tangan yang dipakai untuk bahaya kontak tidak tersangka. Pas membuat perlindungan dari cairan kimia.

C. Sarung tangan Neoprene
Sarung tangan tahan kimia untuk kontak periode panjang. Dipakai membuat perlindungan dari beberapa bahan misalnya:

Basia
Asam
Peroksida
Bahan bakar
Hidrokarbon
Bensin
Alkohol
Asam organik

D. Sarung tangan karet nitril
Sarung tangan serba buat yang seringkali dipakai. Dibuat membuat perlindungan dari kontak insidental. Dibikin tebal agar dipakai untuk periode panjang. Dipakai membuat perlindungan dari :

Bensin
Grease
Minyak petrolum
Pelarut
Beberapa asam serta basa

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar