Jenis-Jenis Alat Pelindung Diri (APD) Dan Manfaatnya



Dunia project adalah satu diantara bidang lapangan kerja paling tinggi yang seringkali berlangsungnya kecelakan kerja. Oleh karenanya, untuk menahan berlangsungnya kecelakaan kerja di project dibutuhkan beberapa Alat Pelindung Diri (APD) yang disiapkan buat tenaga kerja project (Kuli Bangunan). Sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.
Alat Pelindung Diri (APD) ialah satu alat yang memiliki potensi untuk membuat perlindungan satu orang yang manfaatnya menutup beberapa atau semua badan dari kekuatan bahaya dalam tempat kerja.
Berikut akan kami jabarkan beberapa jenis Alat Pelindung Diri (APD) yang umumnya dipakai di dunia project dan manfaatnya.

1. Safety Helmet
Safety helmet berperan jadi pelindung kepala dari benda yang dapat tentang kepala dengan cara langsung.

2. Safety Belt
Safety belt berperan jadi pelindung diri saat pekerja kerja/ada di atas ketinggian.

3. Safety Shoes
Safety shoes berperan untuk menahan kecelakaan fatal yang menerpa kaki sebab benda tajam atau berat, benda panas, cairan kimia dan lain-lain.

4. Sepatu Karet
Sepatu karet (sepatu boot) ialah sepatu yang dibuat spesial untuk pekerja yang ada di ruang basah (becek atau berlumpur). Umumnya sepatu karet di lapisi dengan metal membuat perlindungan kaki dari benda tajam atau berat, benda panas, cairan kimia, dll.

5. Sarung Tangan
Berperan jadi alat pelindung tangan saat kerja dalam tempat atau kondisi yang bisa menyebabkan luka tangan. Bahan serta bentuk sarung tangan di cocokkan dengan peranan semasing pekerjaan.

6. Masker (Respirator)
Berperan jadi penyaring udara yang dihirup waktu kerja dalam tempat dengan kualitas udara jelek (contoh berdebu, beracun, dll).

7. Jas Hujan (Rain Coat)
Berperan membuat perlindungan dari percikan air waktu kerja (contoh kerja pada saat hujan atau sedang membersihkan alat).

8. Kaca Mata Pengaman (Safety Glasses)
Berperan jadi pelindung mata saat kerja (contohnya mengelas).

9. Penutup Telinga (Ear Plug)
Berperan jadi pelindung telinga saat kerja dalam tempat yang berisik.

10. Pelindung Muka (Face Shield)
Berperan jadi pelindung muka dari percikan benda asing waktu kerja (contoh pekerjaan menggerinda).

11. Pelampung
Pelampung berperan membuat perlindungan pemakai yang kerja di atas air atau dipermukaan air supaya terlepas dari bahaya terbenam serta atau mengendalikan keterapungan (buoyancy) pemakai agar ada pada tempat terbenam (negative buoyant) atau melayang-layang (neutral buoyant) di di air.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar