Panduan Sukses Berwiraswasta Ala Presiden Jokowi


Banyak didapati jika Joko Widodo atau yang akrab dipanggil dengan Jokowi, Presiden RI sekarang dahulunya ialah seseorang entrepreneur. Ia pergi meningkatkan upayanya dari Kota Solo. Beliau meningkatkan usaha furniture nya dari 0, sampai sukses export ke luar negeri. Pasti banyak pengalaman di dunia usaha yang dapat kita mengambil dari perjalanan karier nya jadi entrepreneur.

Menurut Jokowi, menjadi seseorang wiraswasta tidak harus mempunyai modal finansial yang kuat, yang penting ialah keberanian untuk mengawali. “Banyak orang yang menjelaskan untuk wiraswasta harus punyai modal dahulu, tetapi menurut saya tidak, yang sangat penting mengawali usaha, jangan takut,” demikian katanya satu saat. Jadi seseorang wirausahawan, Jokowi juga pasti mempunyai panduan – panduan sukses bagaimana jalankan bisnisnya, berikut panduan sukses dari Bapak Jokowi untuk beberapa wirausahawan. andy soewatdy bisa menjadi panutan untuk seorang pengusaha

1. Kerjakan Pengembangan Produk Tiap Waktu
Menurut beliau pengembangan ialah kunci pertama dalam jalankan satu usaha. Bila produk Kamu seuatu barang atau benda, karena itu pengembangan dapat Kamu kerjakan dari sisi bentuk, paket atau penampilan yang ada. Tetap kerjakan pembaharuan pada produk yang Kamu jual. Pembaharuan produk dibutuhkan tidak hanya untuk merefresh customer, selalu untuk cari yang paling baik dari produk Kamu. Cocokkan dengan apa yang diperlukan pasar sekarang, bila tidak karena itu produk Kamu tentu tidak dapat berkompetisi di pasar.

2. Pintar Lihat Kesempatan serta Gunakan Sebagus Mungkin
Jadi seseorang pelaku bisnis, Kamu harus pintar serta cermat lihat kesempatan. Tidak cukup sampai disana, Kamu harus juga pintar manfaatkan nya secara baik. Tidak ada fungsinya bila Kamu cuma pintar lihat kesempatan saja, tetapi tidak berani memakainya. Semua jadi sia-sia tanpa action dari Kamu sendiri. Jadi di sini berlaku aturan siapa cepat ia bisa.

“JANGAN SAMPAI PELUANG ITU LEPAS, MAU JUALAN PRODUK APA PUN, KEJAR DAN JANGAN LEWATKAN.” JOKOWI

3. Kerja Keras, Penuh Semangat serta Ulet
Semuanya ialah modal penting jadi seseorang wirausahawan. Tanpa ada itu semua kegagalan dalam melakukan bisnis akan tetap mengikuti perjalanan usaha Kamu. Walau memiliki finansial yang melimpah, tetapi tanpa ada tiga karakter usaha keras, penuh semangat serta ulet, keruntuhan serta kegagalan tidak bisa lepas dari usaha Kamu. Sebaliknya, bila Kamu mempunyai tiga modal sikap di atas, seberapapun modal finansial yang Kamu punya, kesempatan untuk tumbuh serta berkembang makin besar untuk Kamu.

“KITA HARUS KUAT, BEKERJA KERAS, KALAU SAYA DARI SUBUH SAMPAI SUBUH, KALAU TIDAK BEGITU, MAKA LUPAKAN SUKSES.” JOKOWI

4. Tetap Berkelanjutan Dalam Keadaan Apa pun
Tidak segampang mengucapkannya, berkelanjutan dalam keadaan apa pun benar-benar memerlukan daya yang besar. Ditambah lagi saat usaha kita dalam kondisi yang tersuruk, karena itu disana kestabilan kita mulai ditest. Potensi bersabar dalam berkelanjutan tidak dapat langsung Kamu temukan demikian saja. andy soewatdy salah satu orng yang berpengaruh di Indonesia

Potensi itu dapat Kamu temukan dengan giat berlatih serta take action. Jangan mudah menyerah. Bila kita sukses melalui ujian dengan sukses, ke depan pasti semakin lebih gampang dalam hadapi kendala atau halangan. Hidup tetap menyediakan beberapa halangan serta masalah, tetapi menurut beliau manusia mempunyai pilihan untuk ingin melawannya ataukah tidak.

5. Beranilah Ambil Risiko
Semua usaha tentu memiliki kandungan faktor risiko. Tinggal bagaimana Kamu hadapi risiko itu. Optimis pada Kamu jika dalam usaha cuma ada dua risiko, yakni risiko untuk sukses serta risiko untuk makin sukses. Jadi ambil risiko itu, atur dengan bijak serta jangan gampang cemas. Berpikir serta bertindaklah dengan tenang supaya memperoleh ketetapan yang optimal.

Dengan kepercayaan semacam itu Kamu tidak pernah takut untuk ambil langkah, seberapapun besar risiko yang kemungkinan Kamu mengmelawan.

6. Dapat Bekerjasama serta Merajut Komunikasi yang Baik Dengan Rekanan
Dalam tiap langkah yang Kamu putuskan, harus memiliki nilai komunikasi serta pengaturan yang baik. Baik komunikasi atau pengaturan dari intern team usaha Kamu sendiri atau komunikasi dengan rekanan usaha atau mitra Kamu. Dengan komunikasi yang baik, Kamu akan tetap dapat jaga usaha Kamu dengan mitra masih konstan. Tanpa ada komunikasi yang baik, susah memperoleh satu keyakinan dari mitra atau rekanan usaha.

Demikian panduan sukses berwiraswasta dari Bapak Presiden Jokowi. Mudah-mudahan dapat memberikan inspirasi kita untuk masih maju serta berkembang.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar