Cara Memilih Sepatu Lari Yang Baik

Image result for Cara Memilih Sepatu Lari Yang Baik

Hidup sehat dan seimbang sudah menjadi pola hidup yang disukai. Olahraga lari salah satunya. Akhir-akhir ini bahkan muncul komunitas lari di banyak kota. Bukan hanya lari didalam kota namun juga diluar kota, sampai daerah pegunungan.

Bila Kamu terkena demam lari, pastinya Kamu harus memilih sepatu lari yang tepat agar dapat lari dengan nyaman. Untuk memperoleh sepatu lari yang ideal dan sesuai kantong, silahkan intip tips memilih sepatu lari berikut.

Ketahui Bentuk Telapak Kaki 

Mengetahui bentuk telapak kaki cukup penting, karena telapak kaki yang tidak sama memiliki gerakan langkah yang tidak sama juga. Itu penyebabnya kontur permukaan sepatu baiknya pas dengan kontur telapak kaki, agar beban pada kaki dapat menebar dengan cara rata.

Salah satu cara untuk temukan bentuk telapak kaki yaitu memakai “uji basah“. Basahi kaki Kamu, lalu injaklah sebuah kertas berwarna sampai nampak pola telapak kaki. Bila ada cekungan rendah, bermakna Kamu memerlukan sepatu yang datar. Tetapi apabila telapak kaki Kamu memiliki lekukan yang tinggi, cari sepatu safety yang empuk dengan sol lembut dibagian tengahnya. Ingat baik-baik, Kamu beli sepatu karena rasa nyaman yang diakibatkan, bukanlah karena trendi atau terlihat keren semata.

Ukuran Kaki Sering Berubah 

Tidak hanya kulit, bahkan juga ukuran kaki Kamu beralih bersamaan menambahnya umur. Ukurlah kaki Kamu minimum 2 x satu tahun dalam rentang waktu minimum 6 bln. untuk tahu pergantian itu. Jika Kamu ingin beli sepatu safety jakarta, baiknya Kamu mengerjakannya saat malam hari. Setelah kesibukan sepanjang hari, kaki Kamu condong memiliki ukuran lebih besr saat sore sampai malam hari.

Berikanlah Jarak ½ inchi 

Bagian atas sepatu harus juga nyaman saat digunakan, janganlah terlalu ketat. Berikanlah jarak lebih kurang ½ inchi pada ujung jempol kaki dan ujung sepatu. Semakin lebih baik jika jari-jari kaki bebas saat Kamu bergerak, terlebih saat lari. Oleh karenanya sepatu lari yang lentur yaitu pilihan yang baik.

Perhatikan Berat Sepatu 

Berat sepatu lari sangat berpengaruh pada kecepatan saat berbelok atau saat melakukan manuver. Idealnya makin enteng suatu sepatu, maka makin cepat juga larinya. Berat sepatu juga tergantung pada jarak yang ingin Kamu tempuh. Sepatu yang sangat enteng pas untuk jarak dekat, kurang dari 5 Km. Kamu yang sukai meniti lari jarak menengah dan jarak jauh, tak perlu sepatu yang enteng karena kaki Kamu memerlukan material peredam hingga tidak alami cedera saat meniti perjalanan itu.

Kaki Kamu Juga Perlu Udara 

Saat lari dengan jarak yang cukup lama, suhu dalam sepatu umum diatas suhu normal. Hal semacam ini karena kesibukan dan beban berat yang terus-terusan dijamin oleh kaki. Bila suhu dalam sepatu terlalu panas pastinya kesibukan lari jadi tidak nyaman. Pilih sepatu yang memiliki system penyusunan hawa yang baik hingga kaki tetaplah sejuk walau dipakai kurun waktu lama.

Cek Diskon 

Bila Kamu anggota club lari, biasanya beberapa toko akan memberi potongan harga. Jadi sebelumnya membayar, tanyakan terlebih dulu apakah adakah potongan harga itu. Seringkali juga Kamu akan ditawari uuntuk jadi anggota club lari gratis saat membayar dalam jumlah tertentu.

Ganti Sepatu 

Kamu perlu ganti sepatu saat telah meraih jarak tempuh optimal 644 Km, atau saat sol sepatu telah terasa tidak nyaman dan menipis.

Sekian tips memilih sepatu lari. Telah siap beli sepatu yang pas? Happy running! Makin sehat dengan pilihan sepatu yang baik ya.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar